Banding Tayangan Iklan Google Adsense Dinonaktifkan

Baru-baru ini saya baru saja mendapatkan peringatan dari google adsense yang mengakibatkan tayangan iklan google adsense di blog yang saya kelola dinonaktifkan oleh tim google adsense. Saya tidak tahu apakah barangkali pembaca yang juga ikut bergabung pada program google adsense pernah juga mengalami hal yang sama seperti hal yang saya alami. Sebagai informasi, saya aktif sebagai penayang iklan google adsense sejak sekitar tahun 2013. Saya mendapatkannya dengan susah payah, banyak pembenahan pada blog sehingga sebagian artikel saya dapat muncul pada halaman satu ataupun urutan satu di mesin pencarian google sehingga mulai diperhitungkan oleh google sejak sekitar tahun 2012. Pada tulisan ini saya akan menceritakan bagaimana saya melakukan proses banding supaya tayangan iklan google adsense saya dapat diaktifkan kembali seperti sedia kala.

Banding Tayangan Iklan Google Adsense Dinonaktifkan

Google adsense menyediakan sarana untuk banding bagi penayang iklan yang ditemukan oleh tim google adsense telah melanggar ketentuan-ketentuan pada program google adsense sehingga para penayang iklan google adsense dapat memberikan penjelasan kepada tim google adsense mengenai pelanggaran ketentuan-ketentuan pada program google adsense dan langkah-langkah yang sudah dilakukan untuk tetap memenuhi semua ketentuan-ketentuan pada program google adsense. Berikut adalah pengalaman saya menempuh jalur banding tersebut untuk dapat mengaktifkan tayangan iklan google adsense kembali pada blog yang saya susun.

Pada awalnya saya mendapatkan email peringatan dari tim google adsense yang mewajibkan saya untuk memperbaiki blog saya dalam waktu 3 (tiga) hari kerja dikarenakan terdapat pelanggaran terhadap ketentuan program google adsense. Berikut ini petikan email dari tim google adsense yang saya terima dalam bahasa inggris:

Hello,

This is a warning message to alert you that there is action required to bring your AdSense account into compliance with our AdSense program policies. We’ve provided additional details below, along with the actions to be taken on your part.

Affected website: www.xyz.com

Example page where violation occurred: www.xyz.com/article.html

Action required: Please make changes to your site within 3 business days.

Current account status: Active

Violation explanation

Publishers may not implement Google ads in a manner that makes them more prominent than the content of the page itself. This includes, but is not limited to:

  • placing more than one 300x600 ad unit (or similar sized ad) on a page
  • implementations in which Google ads make up the majority of a viewable screen
  • For more information, please review our help center page on custom-sized ad units.

How to resolve :

If you received a notification in regard to page content, please either remove the content from your site or remove ads from the violating pages. If you received a notification in regards to the way ads are implemented on your site, please make the necessary changes to your implementation. You do not need to contact us if you make changes. Please be aware that if changes are not made within the required time frame, ad serving may be disabled to the affected website listed above.

Additionally, please be aware that the URL above is just an example and that the same violations may exist on other pages of this website or other sites that you own. To reduce the likelihood of future warnings from us, we suggest that you review all your sites for compliance. For more information regarding our policy warning notifications, visit our Help Center: https://support.google.com/adsense/answer/1378153?utm_source=crs&utm_medium=email&utm_campaign=notificationhl=en&answer=1378153&ctx=topic.

We thank you in advance for your cooperation.

Sincerely,

The Google AdSense Team

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia maka berikut terjemahannya :

Halo,

Ini adalah pesan peringatan untuk mengingatkan Anda bahwa ada tindakan yang diperlukan untuk membawa akun AdSense Anda menjadi sesuai dengan kebijakan program AdSense kami. Kami telah menyediakan rincian tambahan di bawah ini, bersama dengan tindakan yang akan diambil pada bagian Anda.

Website Terkena: www.xyz.com

Halaman Contoh di mana pelanggaran terjadi: www.xyz.com/article.html

Diperlukan tindakan: Silakan membuat perubahan ke situs Anda dalam waktu 3 hari kerja.

Status account saat ini: Aktif

Penjelasan Pelanggaran

Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang membuat mereka lebih menonjol dari isi halaman itu sendiri. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada :

  • menempatkan lebih dari satu unit iklan 300x600 (atau iklan berukuran serupa) pada halaman
  • implementasi di mana iklan Google membuat sebagian besar layar dapat dilihat
  • Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca halaman pusat bantuan kami di unit iklan berukuran .

Cara mengatasi :

Jika Anda menerima pemberitahuan dalam hal konten halaman, harap hapus konten dari situs atau menghapus iklan dari halaman melanggar. Jika Anda menerima pemberitahuan dalam hal cara iklan diimplementasikan di situs Anda, silakan membuat perubahan yang diperlukan untuk pelaksanaan Anda. Anda tidak perlu untuk menghubungi kami jika Anda membuat perubahan. Perlu diketahui bahwa jika perubahan tidak dilakukan dalam batas waktu yang ditentukan, penayangan iklan dapat dinonaktifkan untuk situs yang terkena tercantum di atas.

Selain itu, perlu diketahui bahwa URL di atas hanya sebuah contoh dan bahwa pelanggaran yang sama mungkin ada pada halaman lain dari situs ini atau situs lain yang Anda miliki. Untuk mengurangi kemungkinan peringatan masa depan dari kami, kami sarankan agar Anda meninjau semua situs Anda untuk kepatuhan. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pemberitahuan peringatan kebijakan kami, kunjungi Bantuan Center: https://support.google.com/adsense/answer/1378153?utm_source=crs&utm_medium=email&utm_campaign=notificationhl=en&answer=1378153&ctx=topic .

Kami terima kasih sebelumnya atas kerja sama Anda.

Hormat kami,

Tim Google AdSense

Dari email tim google adsense di atas disebutkan bahwa saya melanggar ketentuan program google adsense dikarenakan telah memasang iklan yang menonjolkan isi iklan itu sendiri daripada isi blog/artikel yang saya tulis. Namun tayangan iklan masih tampil dan akan dikaji ulang perubahannya selama tiga hari ke depan setelah pengiriman email peringatan tersebut dan akun masih aktif (tidak dibanned). Sebagai informasi, pada saat itu saya memasang 4 (empat) slot iklan pada blog saya. Di antaranya 1 (satu) slot iklan afiliasi toko online dan 3 (tiga) slot iklan google adsense. Iklan afiliasi saya pasang pada header dengan bentuk iklan horisontal. Sedangkan 3 (tiga) slot iklan google adsense saya tempatkan satu di bawah artikel dengan bentuk persegi, satu pada sidebar dengan bentuk vertikal dan satu pada footer dengan bentuk horisontal. Saya tidak memasang satu pun slot iklan "link unit" pada blog saya meskipun program google adsense memperbolehkan pemasangan 3 (tiga) slot iklan link unit tambahan pada satu halaman website/blog.

Setelah itu saya langsung masuk ke akun google adsense saya dan mendapati pesan peringatan pada baris status akun saya. Dari situ saya mengetahui kebenaran isi email tim google adsense tersebut. Pada saat itu juga saya langsung melakukan pembenahan pada slot iklan google adsense yang terpasang pada blog saya. Perubahan yang saya lakukan ialah merubah ukuran iklan pada sidebar blog saya yang sebelumnya vertikal menjadi ukuran persegi, itu saja (pada saat itu) karena saya berfikir mungkin ukuran iklan sidebar saya terlalu besar karena saya tampilkan dalam bentuk vertikal. Kemudian setelah melakukan perubahan ukuran iklan sidebar tersebut saya langsung melakukan banding melalui pesan status di akun google adsense saya dengan mengklik tombol "Mark as resolved". Tak berapa lama status pesan peringatan berubah dari "Unresolved" menjadi "Resolved". Namun demikian saya tetap harus menunggu tiga hari kerja terhadap pembenahan yang saya lakukan apakah disetujui oleh tim google adsense sementara tayangan iklan google adsense saya masih berjalan dan mendapatkan penghasilan selama masa tunggu tersebut.

Selang berlalu, hari yang dinantikan pun tiba dan saya mendapat email dari tim google adsense seperti ini :

Hello,

We previously notified you about a policy violation on your site, and we asked that you make changes within 3 working days. After reviewing your site, we've found that the previous violation was not corrected, or we’ve found another violation. Therefore, we've disabled ad serving to your site.

Issue ID# : 28611619

Ad serving has been disabled to : www.xyz.com

Example page where violation occurred : www.xyz.com/article.html

Action required : Check all other remaining sites in your account for compliance.

Current account status : Active

Violation explanation

Publishers may not implement Google ads in a manner that makes them more prominent than the content of the page itself. This includes, but is not limited to :

  • placing more than one 300x600 ad unit (or similar sized ad) on a page
  • implementations in which Google ads make up the majority of a viewable screen
  • For more information, please review our help center page on custom-sized ad units.

Action required : Check account for compliance

While ad serving has been disabled to the above site, your AdSense account remains active. Please be aware that the URL above is just an example and that the same violations may exist on other pages of this website or other sites you own. Therefore, we suggest that you take the time to review the rest of your sites to ensure that they’re in compliance with our policies, and to monitor your sites accordingly to reduce the likelihood of future policy emails from us. Additionally, please note that our team reserves the right to disable accounts at any time if we continue to see violations occurring.

Appeals

If you wish to appeal this disabling then you can do so by using the Issue ID listed above to contact us via our Help Center: https://support.google.com/adsense/answer/113061?utm_source=crs&utm_medium=email&utm_campaign=notificationhl=en&answer=113061.

Thank you for your cooperation.

Sincerely,

The Google AdSense Team

Apabila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia menjadi seperti ini :

Halo,

Sebelumnya, kami telah diberitahu tentang pelanggaran kebijakan di situs Anda, dan kami meminta bahwa Anda membuat perubahan dalam waktu 3 hari kerja. Setelah meninjau situs Anda, kami telah menemukan bahwa pelanggaran sebelumnya tidak dikoreksi, atau kita telah menemukan pelanggaran lain. Oleh karena itu, kami telah menonaktifkan penayangan iklan ke situs Anda.

ID Edisi # : 28611619

Penayangan iklan telah dinonaktifkan untuk : www.xyz.com

Halaman Contoh di mana pelanggaran terjadi : www.xyz.com/article.html

Diperlukan tindakan : Periksa semua situs lainnya yang tersisa dalam account Anda untuk kepatuhan.

Status account saat ini : Aktif

Penjelasan Pelanggaran

Penayang tidak boleh menerapkan iklan Google dengan cara yang membuat mereka lebih menonjol dari isi halaman itu sendiri. Ini termasuk, namun tidak terbatas pada:

  • menempatkan lebih dari satu unit iklan 300x600 (atau iklan berukuran serupa) pada halaman
  • implementasi di mana iklan Google membuat sebagian besar layar dapat dilihat
  • Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca halaman pusat bantuan kami di unit iklan berukuran .

Diperlukan tindakan: Periksa akun untuk kepatuhan

Sementara penayangan iklan telah dinonaktifkan untuk situs di atas, akun AdSense Anda tetap aktif. Perlu diketahui bahwa URL di atas hanya sebuah contoh dan bahwa pelanggaran yang sama mungkin ada pada halaman lain dari situs ini atau situs lain yang Anda miliki. Oleh karena itu, kami menyarankan agar Anda meluangkan waktu untuk meninjau seluruh situs Anda untuk memastikan bahwa mereka mematuhi kebijakan kami, dan untuk memonitor situs Anda sesuai untuk mengurangi kemungkinan email kebijakan masa depan dari kami. Selain itu, perlu diketahui bahwa tim kami berhak untuk menonaktifkan account setiap saat jika kita terus melihat pelanggaran yang terjadi.

Banding

Jika Anda ingin mengajukan banding penonaktifan ini maka Anda dapat melakukannya dengan menggunakan ID Masalah yang tercantum di atas untuk menghubungi kami melalui Bantuan Center: https://support.google.com/adsense/answer/113061?utm_source=crs&utm_medium=email&utm_campaign=notificationhl=en&answer=113061.

Terima kasih atas kerja sama Anda.

Hormat kami,

Tim Google AdSense

Ternyata perubahan yang saya lakukan ditolak dan mulai saat itu juga penayangan iklan google adsense dihentikan di seluruh isi blog saya. Saya pun langsung melihat blog saya dan mendapati bahwa tayangan iklan google adsense pada blog saya benar-benar tidak muncul. Namun saya bersyukur karena akun google adsense saya masih aktif dan telah mendapati peringatan ke dua pada status pesan peringatan akun google adsense saya saat saya masuk akun google adsense saya.

Pada hari yang sama saya pun langsung melakukan pembenahan pada blog saya dengan menghapus slot iklan afiliasi toko online pada header blog saya dan menggantinya dengan slot iklan google adsense serta menghapus slot iklan google adsense pada sidebar blog saya yang memang ukurannya jumbo (300x600). Kemudian setelah saya melakukan pembenahan tersebut saya pun melakukan banding melalui link yang tersedia dan mengisi formulir banding yang disediakan. Tak lama kemudian saya mendapatkan email dari tim google adsense seperti ini :

Hello,

Thanks for contacting Google AdSense. This an automated reply to let you know that we've received your appeal request.

It looks like you'd like to appeal the disabling of www.xyz.com. While we're unable to respond personally to this particular message, please rest assured that your request has been submitted for appeal and one of our policy specialists will be reviewing it soon.

Please note that while we will take your comments into consideration when evaluating your website, there is no guarantee that ad serving will be re-enabled.

We appreciate your patience and understanding.

Sincerely,

The Google AdSense Team

Email di atas merupakan email balasan otomatis dari tim google adsense mengenai banding yang saya ajukan dan meminta saya bersabar menunggu evaluasi banding dari tim teknis google adsense.

Sehari setelahnya saya masuk ke akun google adsense saya dan mendapati pelanggaran ke dua saya telah berubah status dari "Unresolved" menjadi "Resolved". Saya pun langsung membuka blog saya dan mendapati iklan google adsense yang saya pasang masih belum muncul, maka saya pun mencoba membuka email barangkali ada balasan dari tim google adsense mengenai keberhasilan proses banding saya namun masih belum ada jawaban terkait pengajuan banding yang saya lakukan.

Lima hari sudah berlalu dan iklan google adsense saya belum juga muncul sementara email balasan tim google adsense juga masih saya nanti. Namun pada hari ke enam, pagi-pagi saya memeriksa email saya dan di antara pesan yang belum terbaca saya menerima email balasan dari tim google adsense mengenai proses banding saya seperti ini :

Hello,

Thank you for making the requested changes to your site in order to comply with our policies. After thoroughly reviewing www.xyz.com, we have now re-enabled ad serving to this site.

Because ad serving to your site was temporarily disabled, you many notice a delay of up to 48 hours or more before ads begin appearing on your site again. We appreciate your patience and cooperation.

Sincerely,

The Google AdSense Team

Apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi :

Halo,

Terima kasih untuk membuat perubahan yang diminta ke situs Anda untuk mematuhi kebijakan kami. Setelah benar-benar meninjau www.xyz.com , kita sekarang iklan diaktifkan kembali melayani untuk situs ini.

Karena penayangan iklan ke situs Anda untuk sementara dinonaktifkan, Anda banyak pemberitahuan penundaan hingga 48 jam atau lebih sebelum iklan mulai muncul di situs Anda lagi. Kami menghargai kesabaran Anda dan kerjasama.

Hormat kami,

Tim Google AdSense

Email tersebut menyampaikan bahwa banding saya telah diterima oleh tim teknis google adsense dan penayangan iklan google adsense saya diaktifkan kembali dan akan muncul paling lambat dalam 48 jam setelah email diterima.

Maka saya pun langsung membuka blog saya dan mendapati bahwa iklan google adsense saya belum muncul. Namun setelah menunggu sekitar 2 (dua) jam, iklan google adsense kembali muncul di blog saya (Yes!!!).

Demikianlah cerita pengalaman banding saya kepada tim google adsense mengenai pelanggaran yang menyebabkan tayangan iklan google adsense pada blog saya dihentikan walaupun hanya sementara karena keberhasilan saya melakukan pembenahan untuk sejalan dengan ketentuan-ketentuan program google adsense. Yang dapat saya pelajari dari pengalaman saya tersebut ialah bahwa pemasangan slot iklan yang terlalu banyak dan berukuran jumbo sehingga membuat tampilan iklan lebih mencolok dari isi website/blog itu sendiri merupakan hal yang dilarang dalam ketentuan program google adsense. Sehingga sebagai penayang iklan google adsense saya berupaya untuk memasang slot iklan dengan jumlah dan ukuran yang wajar. Dinonaktifkannya tayangan iklan google adsense dikarenakan suatu pelanggaran memang sangat berpengaruh terhadap penghasilan iklan google adsense dalam periode penonaktifan tersebut. Namun yang patut disyukuri ialah akun google adsense masih aktif dan masih ada kesempatan untuk pembenahan dan banding terhadap pelanggaran ketentuan-ketentuan program google adsense yang diikuti oleh penayang. Terima Kasih.

Terima Kasih Google. Terima Kasih Google Adsense :-)

Komentar

  1. mau nanya bos kalau yang di non aktifkan akun adsense nya, sudah di cek di situs cek baned tapt tidak di baned , dan sudah banding sekali di tolak, pertanyaan saya :
    1.apa masih bisa banding lagi
    2.ada batasan maksimal banding ga
    3.ada batas maksimal waktu pengajuan banding ga misalnya 2 minggu di urus lagi masih bisa ga
    4.akun adsense nya yang di nonaktifkan lalu masih bisa daftar lagi ga pakai blog yang sama dan alamat yang sama , terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Masih bisa, namun pastikan sebelum mengajukan banding bahwa perubahan pada website/blog sudah memenuhi semua persyaratan google adsense termasuk hapus semua konten dan link yang memiliki isu pelanggaran hak cipta dan konten yang dilarang oleh program google adsense.
      2. Tidak ada. Bisa melakukan banding kapan saja asal memperhatikan poin nomor 1 di atas. Banyak juga yang berhasil banding walaupun akun google adsense dinonaktifkan.
      3. Ada. Harus menunggu email balasan dari tim teknis google adsense baru dapat mengajukan banding lagi. Perhatikan isi email tim teknis google adsense dan lakukan perubahan yang diminta oleh tim teknis google adsense dalam email tersebut.
      4. Hanya bisa banding. Daftar pakai alamat email dan blog berbeda terlebih dahulu atau bisa daftar melalui akun youtube tapi email yang berbeda. Apabila sudah disetujui, hapus daftar blog di akun yang lama lalu tambahkan di akun adsense yang baru namun pastikan perubahan blog lama sudah memenuhi semua ketentuan google adsense.

      Hapus
  2. oke deh gan... nanti di coba cara banding nya

    BalasHapus
  3. Wah mantap mas bro infonya..
    Kebetulan saya juga lagi kena masalah ini :(
    Itu berapa lama ya dapat balasan email setelah melakukan banding?
    Mohon bantuannya min... Makasih.. :)

    BalasHapus
  4. Terimakasih infonya sob, bermanfaat sekali...

    BalasHapus
  5. Mencoba memahami artikel dan menunggu hasil banding .. Semoga bisa balik adsense ku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an bisa dipahami dengan baik. Untuk kasus saya terdapat unit iklan yg terlalu mencolok sehingga mengalahkan isi konten sendiri mengingat saya memasang iklan yang kiranya terlalu banyak dengan salah satunya memiliki ukuran jumbo.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Menampilkan File Google Drive Pada Blog / Website

Membuat Tombol Kembali Ke Atas Melayang di Pojok Kanan Bawah Blogger (Blogspot)

Membuat Judul Halaman Blog Dinamis Blogger (Blogspot) Untuk Optimasi Mesin Pencarian